almeera #dinarathe1st

Bermain bersama anak

Bagi working mom seperti saya, jika sedang cuti/libur tentu dimanfaat kan untuk quality time bareng keluarga terutama anak-anak. Waktu cuti melahirkan bulan juli kemarin, saya sengaja mengambil cuti 2 minggu sebelum tanggal perkiraan partus. Selain karena kondisi fisik lebih mudah capek, waktu dua minggu ini sengaja saya pakai buat bermain dengan Almeera dan mengeksekusi permainan edukatif yang bisa dibuat sendiri di rumah. Terinspirasi dari ibu-ibu keren di instagram yang mengajak anaknya bermain sensory play yang bahan nya sangat gampang ditemukan di dapur dan ramah anak, akhirnya saya mencoba beberapa permainan dibawah ini:

1. Finger paint
Bahan : pewarna makanan, tepung terigu, air, kertas.
Campurkan tepung terigu dan air (saya pakai feeling aja, pokoknya sampai tekstur tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair), teteskan pewarna makanan. Setelah itu ajak anak untuk menempel kan jari tangan/kaki di atas kertas.

image

image

2. Jelly smash
Bahan: miniatur binatang, agar-agar powder yang plain, air, pewarna makanan.
Buat agar-agar seperti biasa lalu campurkan pewarna makanan. Diamkan sejenak, masukkan binatang ke dalam agar-agar secara acak. Dinginkan di freezer. Setelah agar-agarnya padat, minta anak untuk ‘menyelamatkan’ hewan yang tenggelam di agar-agar satu persatu. Bermain seperti ini selain mengajarkan anak tentang jenis hewan, juga mengasah fine motorskill nya. Lucu menyaksikan reaksi mereka ketika meremas agar-agar dan sensasi dingin karena baru dikeluarkan dari kulkas.

image

image

3. Home made dough
Bahan: tepung terigu, garam, minyak, pewarna makanan.
Campurkan tepung terigu, garam dan minyak. Masalah takaran juga pake feeling aja, kalau terlalu lengket ditambah lagi minyaknya. Teteskan pewarna makanan ketika membuat adonan.
Pertama kali membuat dough ini bersama Almeera ketika mengikuti salah satu kelas di Ganara. Karena bahannya gampang saya main ini lagi dirumah. Saya bebasin doughnya mau dibentuk apa sama Almeera dan hasilnya seperti yang difoto. Lebih seru lagi kalau dirumah punya cetakan/tools nya playdough. Bisa bikin eskrim, breakfast, pasta, dll. Oh ya simpan adonan di dalam kulkas supaya awet ya.

image

image

image

4. Cloud dough
Bahan: tepung maizena, oil, pewarna makanan.
Campur semua bahan menjadi satu sampai dengan tekstur yang diinginkan. Cloud dough ini teksturnya seperti pasir tapi lebih lembut. Coba dimainkan dengan cetakan berbagai bentuk.

image

image

5. Volcano eruption
Bahan: Dough, sabun cuci tangan, baking soda, cuka dan pewarna makanan.
Campur larutan cuka, sabun, dan pewarna makanan, aduk pelan. Bentuk dough yang sudah dibuat (cara bikinnya ada di poin 3) menjadi bentuk gunung dan lubangi bagian tengah. Semakin besar gunung yang dibuat, lubang nya bisa dibuat semakin lebar dan dalam. Masukkan baking soda kedalam lubang tersebut. Tuang larutan perlahan-lahan ke lubang dan lihat apa yang terjadi =p. Ternyata percobaan sains sudah bisa dimainkan ke toddler ya 🙂

image

6. Colouring rice
Bahan : beras, pewarna makanan.
Teteskan sedikit pewarna makanan ke beras, dan aduk terus sampai warnanya merata. Beras warna warni ini bisa digunakan sebagai sensory bin. Waktu bikin ini selain bermain sensory play, saya juga melatih kemampuan dia menyendok dengan benar, memindahkan beras dari satu wadah ke wadah lainnya, memperkenalkan konsep penuh dan kosong, terlebih saya ingin melihat kesabarannya sih.

image

image

7. Dino egg
Bahan: kertas printable bergambar telur dinosaurus, kulit telur dan lem.
Bersama anak, kami menempel kulit telur ke kertas dengan menggunakan lem. Tapi harus benar-benar diawasi ya karena kulit telur sedikit tajam. Sekali lagi tujuannya mengajarkan Almeera lebih sabar 🙂

image

image

7. Colouring ice
Bahan: es batu, pewarna makanan
Permainan ini sederhana aja kok. Tetes kan es batu dengan pewarna makanan dan permainan ini tipe nya free play. Sebenarnya bisa juga dijadikan percobaan sains dengan menaburi garam ke es. Dengan ditaburkan garam, es akan lebih cepat mencair.

Screenshot_2015-11-21-07-40-58-1

Permainan diatas hanya sebagian kecil permainan edukatif yang bisa dimainkan bersama anak. Nanti akan saya share lagi permainan lain di lain kesempatan. Selamat bermain dengan anak 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s