almeera #dinarathe1st

Almeera si kakak

PhotoGrid_1440583212285

Menjadi kakak memang tidak mudah. Gue pun lupa gimana rasanya awal-awal punya adik. Tapi gue ingin berbagi bagaimana Almeera beradaptasi menjadi seorang kakak. Almeera dari bayi sudah gue panggil dengan nama kakak simply karena gue berharap dikasih rejeki lagi sama Allah anak kedua. Begitu hamil Ale, gue menggali informasi, selalu baca blog, forum dan artikel bagaimana cara nya supaya bisa membagi perhatian dan kasih sayang juga mengatasi kecemburuan kakak atas hadirnya si adik. Gue pun menerapkan ke kehidupan gue sehari-hari. Melibatkan Almeera mulai dari awal kehamilan, ikut masuk ruangan setiap gue kontrol bulanan dan dia bisa lihat adeknya dari usg, juga ikut pas gue beli kebutuhan bayi. Kita pun udah sounding-sounding akan kehadiran adeknya nanti. Jadi tiap ada iklan produk bayi, pasti Almeera refleks langsung bilang ‘adek’. Gue pun berharap semua berjalan lancar karena Almeera sudah sedikit familiar dengan bayi.

Memasuki trimester ketiga, Almeera manja nya ampun-ampunan sama gue, dan gue pun juga agak mellow dan pengen deket terus sama Almeera. Suasana hati tambah gloomy membayangkan Almeera dititip ke oma nya sementara suami harus menemani gue di RS. Bukan tanpa alasan sih karena ini untuk pertama kalinya Almeera ga tidur bareng mama papanya, biasanya kalau gue atau suami keluar kota, jadwalnya ga pernah barengan jadi salah satu dari kita pasti tidur bareng Almeera.

Ketika adeknya lahir, seperti biasa pas liat pertama kali reaksinya cuek bebek, tapi mulai posessive pas adek nya nangis dan mau nyusu. Nah part yang bikin gue mewek adalah ketika dia pulang dan melambaikan tangan ke gue sambil bilang bye mama. Ditambah lagi, suami gue bilang Almeera sungguh nice sekali ketika dianter ke mobil buat pulang sama oma nya dan dipasang seatbelt dia juga ga nangis. Even Almeera is more though than me. Hahhaa. Inilah yang bikin gue pengen cepet-cepet pulang. Rasanya lama banget di RS enam hari lima malam.

Nah pas balik dari RS, malam pertama dan kedua adalah malam terberat bagi gue. Dimana gue ngurus dua anak dan ga ada siapa-siapa yang bantuin karena ART juga pada libur lebaran. Walaupun gue udah praktekin beberapa teori dan tips tips dari orang yang sudah berpengalaman, tetep aja nyatanya si kakak merasa agak sedikit cemburu dengan adek yang tiba-tiba tidur disebelah mamanya. Yang jadi peer buat gue adalh ketika adeknya nangis tengah malem, si kakak ikut-ikutan bangun dan nangis. Walaupun suami gue berusaha take over peran untuk ngasih perhatian ‘lebih’ tetep aja ga ampuh. Tapi alhamdulillah itu cuma beberapa hari. Lama kelamaan gue udah bisa ikutin polanya sampai akhirnya pengasuh Almeera balik itu rasanya gue pengen sujud syukur. Bukan karena gue bisa lebih santai, tapi hanya karena Almeera ga boleh ada yang berubah rutinitas dan kesehariannya. Gue pengen dia tetap sarapan di taman sama anak-anak lain, bersih dan wangi (waktu hari pertama jangan kan wangi, dia sempet gue mandiin tepat waktu aja udah syukur :p), pokoknya standar gue buat Almeera ga boleh ada yang berubah. Alhamdulillah si embak balik jadi ada yang bantuin gue. Minggu berikutnya alhamdulillah semua berjalan normal. Almeera juga semakin ‘peduli’ sama adeknya. Kayak kalo adek nangis dan gue di kamar mandi pasti dia manggil gue. Atau adeknya gumoh pasti dia cepet-cepet ambil tisu. Cuma waktu awal-awal gue agak serem ninggalin mereka berdua. Almeera pengen ajak adeknya main jadi suka sedikit kasar tapi menurut gue wajar karena dia kan belum ngerti gimana fragile nya bayi itu. Keputusan gue buat berhentiin dia di Rockgym selama gue cuti juga keputusan yang tepat. Gue pengen quality time dengan mereka berdua juga meningkatkan bonding si kakak langsung dibawah pengawasan gue. Kadang ketika adek lagi tidur itu lah quality time gue main sensory play bareng Almeera, selanjutnya dia main sendiri dan gue mendampingi sambil pumping. So, selain sibuk mempersiapkan mental si anak, you better prepare yourself first. Hahaaahaa. Jangan kayak gue yang lupa mempersiapkan mental sendiri dan jadi baperan :p

IMG_0093

IMG_2824

Leave a Reply

