almeera #dinarathe1st

Potty Training Almeera

Another milestone dalam dunia per-toddler-an, adalah potty training. Yaitu pada saat anak sudah lepas dari yang namanya diapers/clodi. Sebenernya mengenalkan pipis/pup di kamar mandi sudah gue terapin setengah tahun yang lalu, yang akhirnya sudah berjalan efektif kira-kira tiga empat bulan ini. Setiap anak kan beda-beda, gue juga ga terlalu ngoyo kalo potty training ini bisa dilalui secepatnya, karena gue yakin akan ada masanya kok buat Almeera. Apalagi pas denger cerita beberapa temen yang anaknya potty training cuma beberapa hari, sempet bikin gue mengkeret tapi akhirnya balik lagi, ngapain sih gue pusing karena it will happen in a right time .

Ada banyak cara untuk orang tua mulai membiasakan anaknya lepas dari diapers. Salah satu ajaran nyokap gue adalah membiasakan anak bangun tengah malam buat pipis ke toilet. Jujur aja ini tantangan terberat buat gue untuk sengaja bangun malem dan gotong Almeera ke toilet. Jadi option ini gue coret, hahhaa. Yang pertama gue lakukan adalah membeli dudukan kloset yang lucu-lucu dan bergambar princess kesenengannya dia. Jadilah pas gue ke kota kasablanka gue mampir dulu di ace hardware dan beli dudukan kloset nya seharga Rp90 ribuan kalo ga salah.

Berikutnya adalah memberikan reward ke anak kalau dia bisa minta pipis ke toilet. Reward yang gue kasih sih biasanya cuma berupa es krim doang. Hhahaa. Bukan hanya anak, tapi pengasuh yang bantu jaga juga gue kasih reward. Karena gue bekerja, tentu tugas ini didelegasikan ke si mbak. Supaya dia juga semangat dan komit, gue rasa perlu memberikan sesuatu karena potty training ini kan juga harus didukung oleh orang rumah. Kebetulan banget pas gue umumin potty training ini, bulan depannya dia berniat pulang kampung, gue langsung kasih challenge kalo dia bisa bantu Almeera buat potty training, ongkos pulang nya bolak balik gue bayarin. Diginiin kan jadi semangat doi.

Awal-awalnya memang sulit, dan juga deg-degan pas pertama Almeera ga pakai diapers. Dia juga jadi kesel karena kemana-mana ga boleh. Duduk di sofa ga boleh, naik ke tempat tidur ga boleh, sampai akhirnya dia pipis di celana berkali-kali dan itu jadi shock terapi buat dia. Lama kelamaan dia juga paham kalau mau pipis atau pup harus ke toilet. Alhamdulillah sekarang Almeera kalau di rumah sudah lepas diapers total kecuali kalau pergi-pergi. Itu juga buat jaga-jaga aja kalo pas kebelet ga ketemu toilet.

Banyak cara lain kok buat mengajarkan potty training ke anak, tapi sekali lagi, jangan dipaksa karena dia akan siap dengan sendirinya =).

Leave a Reply

